Pages

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers ..!

Mengenai Saya

Foto saya
Bekasi, Bekasi/Jawa Barat, Indonesia
terus blajar belajar dan Fokus untuk mencapai suatu KEY succes .

Cari Blog Ini

Rabu, 08 Mei 2013

Cara Mengatasi Inflasi


inflasi merupakan proses kenaikan harga secara terus-menerus dan dapat memberikan suatu pengaruh bagi kestabilan perekonomian. Inflasi dapat menyebabkan perubahan yang sangat luas terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Inflasi mencerminkan stabilitas harga, semakin rendah nilai suatu inflasi berarti semakin besar adanya kecenderungan ke arah stabilitas harga.
Inflasi yang terjadi di berbagai negara memberikan dampak yang sangat besar bagi warga negaranya yaitu memningkatkan kesenjangan ekonomi, mengurangi daya saing barang ekspor karena harga barang mahal, meningkatnya kegiatan spekulatif, menurunnya daya beli masyarakat, menimbulkan ketidak pastian ekonomi atau perekonomian yang tidak stabil, dan mengurangi tingkat investasi. Terjadinya inflasi ini bisa membuat masyarakat menjadi merosot dan terpuruk dari waktu ke waktu.
Masalah-masalah ekonomi yang sering terjadi di suatu negara harus bisa di kendalikan karena kesejahteraan masyarakat maupun kestabilan ekonomi sangat teganggu. Kita tidak bisa mendindari akan adanya inflasi tinggal bagaimana pemerintah ataupun bank sentral mengatur jumlah uang yang beredar agar tidak berlebihan. Memang untuk mengendalikan inflasi ini tidak mudah, tetapi pengendalian sangat perlu. Maka pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi disuatu negara terutama inflasi yaitu kebijakan moneter, kebijakan fiscal, dan kebijakan non moneter. Kebijakan moneter disini adalah kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan nasional dengan cara mengubah jumlah uang yang beredar. Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang berhubugan dengan finansial pemerintah. Kebijakan ini merupakan kebijakan yang ditempuh pemerintah dalam perpajakan dan pengeluaran pemerintah atau anggaran untuk memengaruhi pengeluaran agregat. selain kebijakan itu ada juga Kebijakan nom moneter dimana kebijakan ini merupakan kebijakan yang tidak berhubungan dengan finansial pemerintah maupun jumla uang yang beredar, cara ini merupakan langkah alternatif untuk mengatasi inflasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news



Blogroll

EdiSugiartonoSimanjuntak
Energy Saving Mode using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

About