Pages

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers ..!

Mengenai Saya

Foto Saya
Bekasi, Bekasi/Jawa Barat, Indonesia
terus blajar belajar dan Fokus untuk mencapai suatu KEY succes .

Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 28 Oktober 2011

Asal Mula, Pengaruh , Nilai-nilai , segi Positif dan Negatif Music dangdut ..

1. Asal Mula Musik DangDut
Airan musik DangDut lahir setelah ajaran Islam masuk ke Indonesia yang sudah bercampur dengan aliran musik India.
Musik ini mulai tumbuh dan berakar sekitar tahun 1940.Musik ini dipengaruhi oleh unsur musik India yg diambil dari alat musiknya yang bernama Tabla atau musik yg menggunakan gendang.Sedangkan cengkok dan harmonisasinya merujuk ke musik Arab.Akhirnya dipadukan oleh pengaruh musik barat yang mulai marak di akhir tahun 1960-an dengan menggunakan gitar listrik..Dangdut bisa dikatakan lebih matang sejak tahun 1970-an.Ciri Khas musik dangdut diiringi oleh gendang suling dan joget yang gemulai.

Mengapa dinamakan DangDut ?

Dangdut kental dengan alat musik gendang. Suara gendang menghasilkan bunyi DANG dan DUT. Ada juga yang mengatakan "dangdut" ini berasal dari istilah atau sebutan sinis dari kalangan masyarakat kaum pekerja melayu pada masa itu berdasarkan sebuah artikel majalah awal th 70-an.
Musik ini jauh berbeda dengan musik tradisional asli Indonesia.Tetapi ada sedikit kemiripan khususnya dari adat tradisional melayu.Perjalanan musik Dangdut mengalami perubahan yang seknifikan dari masa kemasa.Dan akhirnya Musik Dangdut sudah membooming di Indonesia bahkan di Mancanegara.

2. Pengaruh Musik DangDut dalam Pribadi & Masyarakat
Pengaruh Musik DangDut secara pribadi => Menurut saya pribadi Musik dangdut pada Zaman Sekarang / tahun-tahun ini ,Khususnya 2011 sudah sangat-sangat MEMPRIHATINKAN sekali . Kenapa saya bisa menyebutkan kata-kata “Memprihatinkan” karena kebanyakan sekarang atau hampir semua penyanyi dangdut BUKAN menonjolkan ke KHAS-AN dari Musik dangdut tersebut ,Tetapi menonjolkan KEMOLEKAN tubuhnya di banding dengan suara dari penyanyi dangdut tersebut .

Pengaruh Musik dalam Masyarat d lingkungan saya (menurut 10 Sumber) bisa saya simpulkan menjadi =>
Sangat menarik, karena banyak dari mereka menonjolkan kemolekan dari Tubuhnya ..
kalo saya bisa ambil kata-kata dari AGNES MONICA “TeruskanLah ...”

3. Nilai-nilai Musik DangDut
Musik merupakan seni mengaransir suara. Musik telah menjadibagian dari setiap budaya di dunia, dan berkembang dengan luas disetiapcorak budaya.Seperti halnya bahasa, aransemen musik merupakan saranakomunikasi yang dilakukan manusia yang berkembang dan menjadisarana komunikasi yang sangat kuat pengaruhnya terhadap kehidupanmanusia. Musik dipercaya sebagai sarana penyembuh penyakit psikismanusia bagi beberapa orang.Dewasa ini perkembangan musik sudah sangat pesat, ditunjangdengan semakin modernnya sarana prasarana untuk menikmati musik.Demikian pula halnya dengan pertunjukkan musik, kita dapatmenyaksikan hampir setiap saat, baik secara langsung maupun melaluimedia visual

4. Segi Positif dan Negatif musik DangDut

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran music dan lagu dangdut membawa dampak atau pengaruh tersendiri terhadap masyarakat penggemarnya, khususnya bagi remaja kota Jakarta, baik yang positif maupun negative. Sangat tidak adil apabila kita hanya menafsirkan music atau lagu dangdut sebagai bentuk seni yang “kampungan” atau “tidak bermutu”.

a. Dampak Positif Dangdut.

Beberapa lagu dangdut mempunyai makna atau mengandung pesan-pesan moral dan pendidikan, lagu-lagu tersebut mengajarkan atau menasehati agar remaja tidak terlena oleh pengaruh buruk yang diakibatkan kemajuan teknologi. Banyak lagu dangdut yang bertema sosial dan mengangkat realita kehidupan ketika orang-orang terdiam dan tidak bisa berbuat apa-apa, ketika melihat ketidakadilan dan ketidakmanusiaan.

Lagu-lagu tersebut bisa mewakili mereka dalam berteriak dan menyuarakan hati nuraninya yang mencurahkan sisi hitam masyarakat kelas bawah. Kiat menyadarkan masyarakat terutama generasi muda, juga banyak dijumpai dalam lirik lagu dangdut yang mengangkat masalah perjudian yang semakin marak dalam berbagai bentuk.

Selain menggambarkan permasalahan masyarakat, melalui lagu-lagu dangdut banyak kita jumpai kebijaksanaan untuk hidup bermasyarakat secara baik bahkan tidak jarang nasehat untuk kerukunan hidup dan kehati-hatian manusia dalam menentukan masa depannya. Dampak positif lainnya adalah lahirnya kreatifitas untuk mencoba menerjuni bidang yang satu ini.

Lagu dangdut tidak mempengaruhi perilaku penggemarnya. Berbeda dengan pengagum fanatic jenis music lain yang bisa ditandai dengan munculnya model rambut cepak dan baju dan kalung rap.

b. Dampak Negatif Dangdut

Sesuai dengan tempat lahirnya, music dan lagu dangdut memang tumbuh subur dikalangan masyarakat, membawakan aspirasi mereka, menyuarakan hati mereka. Maka pantas apabila liriknya selalu berkisar pada persoalan yang menjadi bagian hidup sehari-hari. Nilai-nilai kualitas dari sejumlah lagu dangdut kurang diperhatikan. Sangat sulit untuk menemui nilai lebih dari kreatifitas seniman dangdut sekarang. Selain itu, dampak negative dari lagu dangdut adalah :

1. Munculnya pola hidup atau kebiasaan untuk memburu tempat-tempat yang diketahui akan menggelar pertunjukkan music dangdut.

2. Timbulnya gaya hidup yang baru, yakni kesenangan memasuki rumah hiburan (pub) yang khusus menyajikan music dan lagu dangdut.

3. Meskipun tidak seluruhnya, sebagian dari pengagum fanatic dangdut, seringkali memanfaatkan kesempatan menonton pertunjukkan music ini sambil meminum minuman keras (mabuk, teler)

4. Timbulnya peniruan di kalangan remaja terhadap penyanyi idola. Hal ini menyebabkan matinya kreatifitas dan buntunya inovasi untuk membentuk jati diri

5. Banyak lagu-lagu dangdut yang mengandung pengertian sensual dibawakan oleh para pengamen remaja di berbagai tempat dan menyebabkan mereka matang sebelum waktunya.

5. Pengaruh musik dangdut dalam bidang politik
Menurut saya pengaruh musik dangdut dalam bidang politik sangat-sangat ramai di tampilkan . Contohnya ada beberapa dari orang Politik untuk menggalang halayak ramai tidak ragu-ragu untuk memilih musik danggut(tentunya beserta dengan biduan yang cantik) untuk bisa menyampaikan “suara-suara/nyanyian” Politiknya .

6. Musik DangDut dalam Meningkatkan TARAF Perekonomian ?
Menurut saya Musik dangdut sangat bisa meningkatkan Taraf Perekonomian mereka sendiri (penyanyi dangdut tersebut). Karena mereka tidak perlu kerja “banting tulang” tapi mereka hanya perlu menyalurkan suara mereka saja ,dan mendapatkan hasil berupa “uang” .

7. Musik DangDut dalam Lapangan Kerja
Musik dangdut dalam lapangan kerja merupakan suatu pekerjaan yang lumayan menguntungkan menurut saya , karena tidak Sedikit pula mereka dapatkan ada beberapa orang yang menjadi penyanyi dangdut bisa sampai bisa membeli Rumah ,Mobil , dan lain-lain . Seperti contohnya Inul Dharatista “yang dulunya manggung dari 1 panggung ke lain panggung, sampai bisa membuat KARAOKE yang lumayan Besar sebagai usaha sampingan nya” .


Mari Dewasa Muda menghargai musik dangdut yang berkembang di indonesia , dan mari beri appresiasi kepada mereka pe’dangdut-pe’dangdut Indonesia yang sudah menyuarakan nama Indonesia di beberapa negara seperti Rhoma Irhama ..
Maju Terus Seni Musik Maju Terus Musik DangDut ..!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogger news



Blogroll

EdiSugiartonoSimanjuntak
Energy Saving Mode using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

About