Pages

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Followers ..!

Mengenai Saya

Foto saya
Bekasi, Bekasi/Jawa Barat, Indonesia
terus blajar belajar dan Fokus untuk mencapai suatu KEY succes .

Cari Blog Ini

Rabu, 08 Mei 2013

Tingginya Tingkat Pengganguran dan Cara mengatasinya


Pengangguran ini tentunya dapat dengan mudah ditebak, salah satu faktor besar yang membayangi masalah pengangguran di Indonesia adalah kemiskinan. Tingkat kemiskinan di Indonesia sangat memprihatinkan. Apalagi ditambah dengan jumlah pengangguran yang menyebabkan kemiskinan itu sendiri. Karena dengan menganggurnya seseorang otomatis taraf hidupnya akan semakin rendah, sedangkan jumlah lapangan kerja yang terbatas dan tingginya persaingan untuk mendapatkan pekerjaan disertai dengan keterampilan yang dimiliki akan semakin memperketat usaha mendapatkan pekerjaan.

Selain itu dari kemiskinan yang timbul, akan timbul masalah lain seperti tindak kriminal yang meningkat dan peningkatan jumlah pengemis dan gelandangan. Secara individu, orang yang menganggur tentu akan stress dan depresi. Tak hanya karena tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup, ia bisa saja dikucilkan oleh masyarakat.  Inilah masalah yang terus menjadi polemik di negeri ini.

Untuk itulah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan program kewirausahaan. Untuk merealisasikan program ini, presiden telah mendelegasikan Menteri Koperasi dan UKM Syarifudin Hasan. Dengan diadakannya program kewirausahaan ini diharapkan masyarakat dapat mengambil dan menikmati langkah ini sebagai alternatif untuk memperbaiki taraf kehidupannya.

Keuntungan lain yang didapat dari program kewirausahaan ini adalah jika usaha yang dikembangkan tersebut berhasil maka tentunya dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan dapat menyerap tenaga kerja. Secara perlahan-lahan maka jumlah pengangguran dapat teratasi dengan usaha ini jika program yang dikembangkan ini dapat berhasil dengan baik.

Selain usaha kewirausahaan diatas ada beberapa cara lain yang dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran atau sekedar mencegah timbulnya pengangguran. Pertama, diadakannya pendidikan gratis bagi yang kurang mampu. Salah satu penyebab pengangguran adalah rendahnya tingkat pendidikan seseorang, sehingga ia tidak memiliki pengetahuan yang cukup dan sulit untuk mendapat pekerjaan. Kedua, mendirikan tempat latihan keterampilan, misalnya kursus menjahit, pelatihan membuat kerajinan tangan, atau pendirian Balai Latihan Kerja (BLK) yang didirikan di berbagai daerah. Ketiga, sebagai antisipasi, pelajar perlu diberikan pendidikan non formal. Pendidikan non formal bisa berupa keterampilan khusus, kemampuan berkomunikasi atau peningkatan EQ, serta diarahkan untuk menjadi lulusan sekolah yang mampu menciptakan suatu lapangan pekerjaan. Bukan semata-mata sebagai lulusan sekolah yang hanya bisa melamar pekerjaan.

Klik aja Gambarnya Langsung Menuju Linknya >> 

1 komentar:

  1. Online Casino Site » Play UK Games for Fun at LuckyClub
    Free and instant play ✓ UK slots ✓ Hundreds of games and 카지노사이트luckclub a great welcome bonus. Join now for a chance to win big.

    BalasHapus

 

Blogger news



Blogroll

EdiSugiartonoSimanjuntak
Energy Saving Mode using CSS3

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!

About